Selasa, Oktober 06, 2009

RIKEN - super computer tercepat buatan Jepang

Hey, hot news nih!! Tau kan kalau beberapa waktu yang lalu IBM menciptakan super komputer tercepat di dunia telah hadir untuk membantu militer AS. Yupz, that’s roadrunner yang sampai memecahkan rekor sebagai super computer tercepat di dunia itu lhooo!! Hohoho
Masih inget kan ? hmmm, kalo lupa yaudah deh nih di ingetin lagi news nya..
NewYorkTimes- Superkomputer milik Amerika di claim memecahkan rekor sebagai super komputer tercepat di dunia. Super komputer ini dibuat dari komponen yang sebenarnya didesain untuk video game. Saking cepatnya, komputer ini mampu menyelesaikan 1.026 quadrilion perhitungan perdetik. Coba bandingkan dengan dual-core yang ada di rumah kamu deh? Jauh banget banget yah! hehe..
Super komputer ini menjadi yang tercepat setelah mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yakni BlueGene/L milik Laboratorium Lawrenca Livermore (di AS juga) . Super komputer baru ini diberi nama Roadrunner, setelah dibangun dengan dana 133 juta dolar AS, super komputer ini akan ditempatkan di Laboratorium Nasional Los Alamos dan akan digunakan untuk melakukan perhitungan dan keperluan militer yang lain.
Nah ini gambaran dari kecepatan Roadrunner yang Saking extremnya kecepatan Roadrunner ini, dapat digambarkan dengan jika 6 miliar orang di seluruh dunia menggunakan kalkulator tangan dan melakukan perhitungan selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, maka akan membutuhkan waktu 46 tahun untuk dapat melakukan perhitungan yang setara dengan yang dapat dilakukan roadrunner selama 24 jam. Satu kata deh “Funtastic!!!”
Eh tapi bukan itu lhoo hot news nya, siap berdecak kagum nih karena sebentar lagi bakal ada yang gantiin dia sebagai super computer tercepat di dunia yaitu RIKEN - Super Komputer buatan raksasa komputer Jepang, Fujitsu. Kecepatan RIKEN ini 10 kali lebih cepat dari road runner, yakni 10 Petaflop per second (10 ribu kalkulasi per sekon). Untuk diketahui bahwa roadrunner “hanya” memiliki kecepatan 1 Petaflop.
“Otak” dari RIKEN adalah prosesor 8 core milik fujitsu yang bernama Sparc64 VIIIfx. Super komputer ini sendiri masih dalam pengembangan di Japan’s Institute of Physical and Chemical Research dan direncanakan akan selesai pada 2011 kelak. Tentunya RIKEN akan menjadi yang tercepat jika Sequoia yang juga milik IBM jadinya lebih lama. mengingat Sequoia memiliki kemampuan 20 Petaflop. Hoho, it’s so amazing ? :))
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar